Masbro sekalian ,sepertinya sudah  bukan hal yang asing lagi di telinga kita bahwa otomotif di india sudah menjadi acuan otomotif di negara tercinta kita Indonesia… seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa beberapa ATPM lokal “original” India telah berhasil  memasuki pasaran internasional .. jika di bandingkan dengan negara kita sepertinya kita sudah tertinggal jauh dari negara yang sama-sama merdeka di tahun 1945 silam…bahkan beberapa ATPM india telah bekerjasama dengan brand-brand besar asal eropa….bisa kita lihat bajaj yang berkolaborasi dengan ktm austria hinggga menghasilkan produk yang fenomenal bajaj pulsar 200ns …dan pabrikan kuda berlari asal India,TVS yang berkolaborasi dengan BMW….bahkan beberapa ATPM jepang di indonesia juga menghadirkan desain motor yang dijual di india sana .. sebut saja byson dan new mega pro …serta yang terbaru adalah Yzf-R15..
image

image

Coba bandingkan dengan indonesia ..meskipun pasar Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar khususnya dunia roda 2..tapi kita sama sekali tidak memiliki brand nasional..mungkin dulu kita sempat mendengar nama KANZEN di dunia otomotif Indonesia yang di gadang-gadang sebagai motor nasional ,meskipun masih dengan tekhnologi alih daya daelim korea… dalam sisi engine KANZEN masih impor secara utuh dari DAELIM korea..tapi setidaknya KANZEN sempat menghadirkan produk asli karya anak bangsa bahkan desainya pun telah di patenkan..masih inget KANZEN TAURUS ULTIMA kan masbro??? 😀 …yup motor bebek semi trail yang diciptakan anak bangsa yang didesain untuk menghadapi situasi banjir seperti sekarang …namun apadaya mungkin karena “brand” yang masih kental aura mochin…padahal mokor (motor korea) :mrgreen: …kanzen masih belum mampu menghadapi kuatnya brand jepang …bermacam cara sudah dilakukan pihak kanzen untuk mendongkrak image,bahkan pihak kanzen sudah berani untuk ikut dalam kejurnas indoprix dengan tim “kanzen racing team” …. serta di ajang JMS tahun 2008 silam kanzen memperkenalkan prototype TAURUS HYBRID dengan 2 jenis bahan bakar yaitu gasoline dan LPG …mantep gak tuh :-D,di ajang ini juga diperkenalkan prototype sport matik bongsor ala kanzen..namun kini nama kanzen hampir sama sekali tak terdengar .. mungkin karena mayoritas orang indonesia brainminded??entahlah..

image
image

image

Lain halnya dengan di India dimana para ATPM nippon pun harus “empot-empotan” melawan brand2 lokal disana ..hanya honda yang masih bisa menempati peringkat atas dalam penjualan sepeda motor di negeri hindustan…itupun masih dibawah Hero motocorp…mungkin karena rasa nasionalisme disana lebih tinggi??entahlah…