Lampu hazard menurut penjelasan dari wikipedia adalah   lampu tanda
darurat adalah mode fungsi lampu eksternal pada
mayoritas kendaraan bermotor yang dapat diaktifkan
untuk membuat lampu sein kiri dan kanan berkedip
secara bersamaan yang mengindikasikan bahwa
adanya hal darurat atau pemberitahuan untuk berhati-
hati kepada pengemudi-pengemudi lain di jalan.

image

Fungsi lampu hazard menurut wikipedia adalah
•Digunakan ketika kendaraan mengalami malfungsi
yang menyebabkan kendaraan berjalan lebih lambat
dari arus gerak lalu lintas normal atau bahkan berhenti
•Digunakan ketika terjadi situasi darurat di dalam/
luar mobil yang menyebabkan mobil harus segera
menepi atau berhenti
•Digunakan untuk memberitahu kendaraan di
belakang/sekitar akan gangguan yang terjadi pada
jalan di depan/sekitar (kecelakaan, tanah longsor,
pemberhentian arus lalulintas mendadak, dll)
•Digunakan ketika kendaraan terpaksa berjalan di
luar jalan yang seharusnya
•Digunakan pada saat mengemudi untuk hal yang
bersifat darurat yang memerlukan perhatian lebih
kepada pengemudi lain akan adanya prioritas untuk
mobil tersebut
•Dinyalakan untuk kendaraan derek yang sedang
menderek suatu kendaraan maupun kendaraan yang
sedang diderek
•Dinyalakan ketika memundurkan kendaraan pada
lalulintas/jalan raya
•Digunakan saat kendaraan memungkinkan
membahayakan kendaraan lain di jalan
Digunakan saat mengemudi di daerah berbahaya
(banjir, radiasi nuklir, lapangan penerbangan, jalan
off-road , dsb)
•Digunakan untuk kendaraan patroli, ambulans,
pemadam kebakaran, dan kendaraan darurat lainya
dalam menjalankan tugas
•Dll

Yup,lampu sebagai tanda darurat atau tanda kepada pengendara lain bahwa kendaraan kita sedang mengalami trouble . Nah perlu di catat lagi mayoritas pengendara di Indonesia masih belum benar-benar mengerti pada saat kondisi seperti apa yang mengharuskan kita untuk menekan tombol lampu hazard.

image

Beberapa hal yang salah kaprah mengenai pemakaian lampu hazard antara lain :
image

1. Menggunakan saat hujan. Ini hanya akan
membingungkan pengemudi di belakang karena saat
lampu hazard dinyalakan, lampu sein tidak berfungsi.
Pengemudi cukup berhati-hati saja saat hujan atau
dengan menghidupkan lampu utama.
2. Saat memberi tanda lurus di persimpangan. Ini tidak
perlu, karena dengan tanpa menghidupkan lampu sein
berarti sudah menandakan akan bergerak lurus.
3. Ketika berada di lorong gelap. Misalnya masuk
terowongan, hazard tidak perlu dinyalakan karena tidak
ada efeknya. Yang ada hanya membingungkan
kendaraan di belakang. Cukup menyalakan lampu
senja atau lampu utama, karena lampu merah di
belakang mobil sudah menyala yang artinya memberi
tanda bahwa ada mobil di depan.
4. Dalam kondisi berkabut. Cukup menyalakan lampu
kabut (fog lamp) yang berwarna kuning atau lampu
utama.

Semua keterangan diatas merujuk pada kegunaan lampu hazard di kendaraan roda 4 atau lebih . Yang memang sangat diperlukan mengingat ukuran kendaraan roda 4 atau lebih yang cukup besar sehingga memakan tempat(badan jalan) jika kendaraan tersebut menalami trouble atau hal lain .sementara untuk roda 2 lampu hazard hampir tidak di perlukan sama sekali .
image

Memang sah -sah saja  memodifikasi motor  agar lampu sein bisa menyala bersamaan antara kanan-kiri,tapi  biasanya hal ini dilakukan agar sang pengguna agar mendapatkan prioritas ketika di jalan raya ,wtf!! .. benar-benar jauh dari fungsi lampu hazard yang sebenarnya. Yang hanya boleh di nyalakan ketika terjadi masalah yang bisa membahayakan pengendara lain. Yup,memang ada beberapa poin yang menyebutkan bahwa penggunaan lampu hazard untuk meminta perhatian khusus dari pengendara lain, tapi hanya untuk keadaan yang benar-benar darurat!! Sedangkan sejauh pengamatan CTM terhadap para pengendara roda 2 yang telah memodifikasi lampu sein mereka menjadi lampu hazard ,justru di aktifkan sepanjang jalan  :-@ gawe mumet sirah!!! … pengaktifan lampu hazard justru membuat bingung pengendara yang berada di belakangnya … apalagi kedua sein menyala bergantian secara terus menerus makin bikin keder !! Hadeuuuwwhh…

Ingat pengguna jalan bukan hanya anda seorang ….

Mari makan siang masbro … 😀

———–
silahkan kontak CTM ke
e-mail:axlizzy.duff@gmail.com
WhatsApp:085312400359