Masbro sekalian ,kali ini CTM ingin berbagi soal pembuatan part berupa plastik ..seperti halnya pada body sepeda motor .. ane share garis besarnya saja yah,wong kerja di pabrik pembuatan body cuma 1 tahun doank :mrgreen:

Nah,agar lebih mudah penjelasanya ..lebih baik kita mengenal dulu apa itu injection moulding…

Injection molding adalah proses pembuatan part dari bijih plastik dengan cara penyuntikan cairan plastik ke mold/cetakan ..
image

Secara garis besar mesin injection sendiri terdiri dari 3 bagian
β€’CLAMPING UNIT
Bagian pada mesin injection yang berfungsi untuk mengatur gerakan core side mold dan ejector ,di bagian inilah di tentukan berapa jarak mold ketika membuka dan berapa panjang tonjolan ejector yang keluar
β€’MOLD UNIT
Mold atau cetakan untuk sebuah produk
Terdiri dari dua bagian
-core side
Bagian belakang part yang bersinggungan langsung dengan ejector
-cavity side
Bagian depan part,kalau pada body motor cavity itu yang di tempel striping itu lho bro πŸ˜€
β€’INJECTION UNIT
Bagian yang paling kompleks,ane sendiri masih belum tahu betul apa saja isinya πŸ˜€ .. yang pasti di bagian ini bijih plastik di jadikan material cair hinggan di suntikan ke mold melalui screw ..

PROSES DARI BIJIH PLASTIK HINGGA MENJADI PART

1.MATERIAL INPUT
Memasukan bahan baku dalah hal ini berupa resin/bijih plastik (bijih plastik banyak macam dan warnany lho,tapi yang ane bahas ABS RESIN BLACK yah) kedalam tanki penampungan
2.MIXING MATERIAL
Proses pencampuran material murni abs dan material daur ulang/regrind
3.DRYER
Mengeringkan material sebelum dikirim ke mesin injection, karena jika material mengandung air maka part-nya akan cacat
4.INJECTION
Nah disinilah proses inti terjadi .. material yang sudah dikeringkan di dryer akan dikirim untuk ditampung di mini hopper untuk selanjutnya material bijih plastik akan dirubah ke bentuk cairan oleh heater….setelah berubah menjadi bentuk cair,material akan di dorong oleh screw hingga mengisi celah2 didalam mold yang memang di desain sesuai bentuk part dengan tekanan tinggi …setelah jadi bentuk part,mold akan membuka,kemudian ejector akan mendorong part yang menempel di core side mold hingga akhirnya part di ambil oleh robot..
5.FINISHING
Setelah part di ambil oleh robot ,part akan diletakan di conveyor hingga akhirnya part akan di check oleh operator dan dilakukan pemotongan runner…runner itu apa sih??runner/sprue itu bagian yang ini masbro


image

6.CRUSHER
Penghancuran part2 hasil produksi yang tergolong cacat,akan dimasukan kedalam mesin penghacur hingga part akan menjadi serbuk plastik kasar yang disebut regrind yang nantinya akan di campurkan dengan material murni ..(lihat proses no.1)
Tidak semua part cacat akan dijadikan serbuk plastik loh masbro … misal part yang terkontaminasi oli maka tidak boleh di jadikan campuran material murni ..

Ya ,begitulah sedikit pengalaman ane di Injection molding masbro πŸ˜€